Macam-Macam Kain Cotton di Konveksi Malang, Apa Saja ?

Kain cotton combed yang umum dikenal masyarakat terdiri dari cotton bahan bandung dan cotton bahan lokal. Cotton bahan bandung memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan cotton combed lokal, namun disini cotton combed bahan bandung memiliki perbedaan harga, dimana bergantung pada masing-masing warna dan ketebalan kain yang dipilih.

Cotton Combed bahan Bandung memiliki keunggulan diantaranya : bahannya terasa adem, lembut dikulit dan dibuat dari 100 persen bahan katun. Sehingga jika dibandingkan dengan bahan lokal relatif lebih mahal. Jenis cotton sendiri terbagi menjadi beberapa mcam diantaranya :

Cotton Combed

Jenis kain ini termasuk kain distro bandung, adapun ciri khas dari kain ini yakni memiliki permukaan yang tidak merata, sehingga ketika diraba terdapat gumpalan tebal dan tipis. Selain itu kain ini juga memiliki karakter yang ringan ketika dipakai, jika dicompare ketebalannya sejenis ketebalan kain combed lainnya.

Cotton Bambu

Cotton jenis ini terbuat dari serat kapas premium dan serat bambu premium, sehingga kain yang dihaslikan merupakan kain terbaik dan memiliki banyak keunggulan. Adapaun keunggulan yang dimiliki diantaranya yaitu kain lebih lembut, lebih halus dan mampu menyerap keringat dengan kemampuan lebih baik, selain itu bahan ini memiliki sifat antibacterical sehingga membuat kaos ini tidak mudah berbau apek.

Cotton Carded

kain jenis ini terbuat dari 100%  serat kapas alami sebagaimana cotton combed, namun cotton carded memiliki perbedaan dengan cotton combed yakni dari segi permukaan kain terasa sedikit lebih kasar, namun dalam dunia distro masih digunakan sebagai kaos produksi yang juga memiliki peminatnya. Layanya cotton combed, cotton carded juga memiliki beberapa gramasi yang berbeda seperti 20s, 24s, 30s yang menandakan kandungan kadar cotton dalam kain. Selain itu harga yang dibandrol untuk kain jenis ini relatif lebih murah daripada kain cotton combed.

Kain TC (Teteron cotton)

Teteron Cotton merupakan jenis kain yang terbuat dari campuran bahan polyester dan cotton. Untuk sekedar tambahan pengetahuan bahwa polyester ini terbuat dari serat sistesis berupa fiberpoly, material ini biasanya digunakan dalam pembuatan biji plastik, nah, berdasarkan penjelasan itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa karakterisik kain ini cenderung panas dan tidak mampu menyerap air dengan baik. Terkait komposisi TC yakni 35% Cotton dan 65% polyester.

Selain itu jenis kain yang memiliki kadar polyester jika terkena noda minyak maka akan sulit dihilangkan, namun bahan ini relatif kuat, kain jenis ini juga tidak mudah kusut apalagi mengkerut meski telah dicuci dalam aktu yang lama.

Bahan CVC (Chief Value Cotton)

Kain ini memiliki komposisi bahan 55% Cotton dan 45% polyester, Cotton 60% dan polyester 40%  atau 60% Cotton dan 40% polyester, dengan komposisi diatas  jenis bahan ini masih mampu menyerap keringat namun tetap saja tidak akan senyaman bahan yang memiliki kandungan cotton 100%.

Untuk kualitas mana yang sebaiknya digunakan sebagai bahan pakaian dikeseharian semua bergantung pada kebutuhan dan fungsi serta budget yang dimiliki.

More info ?

Bisa hubungi via whatsapp di 08892628806, jika memang sedang luang boleh datang langsung ke workshop kami di jl. IR. Rais gang 14, no 445.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *