5 Tips Jitu Memilih Vendor Jaket Konveksi Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia dengan jumlah pendatang yang cukup banyak. Karena di Kota Malang banyak terdapat sekolah maupun kampus besar seperti UB, UM, UMM, UIN, ITN, UNIGA, UNISMA, UNMER, MACHUNG, hingga BINUS. Dengan kondisi seperti ini bisa dipastikan semakin menjamurnya vendor konveksi di Kota Malang.

Konveksi yang ada di Kota Malang menawarkan pilihan jaket dengan harga yang bersaing tapi tak jarang juga ada yang murah. Padahal murah bukan jaminan kualitas jaket lebih baik. Justru dengan harga yang murah, banyak customer yang kecewa hasil yang didapat tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Bagi teman-teman mahasiswa maupun pelajar yang ingin memesan jaket untuk kebutuhan sekolah atau komunitas tapi bingung gimana nyari vendor yang pas, nih kita berikan tips nya.

  1. Cari vendor Konveksi Malang yang memiliki kantor / toko
    Mengapa harus punya kantor? Karena kita bisa langsung datang untuk mengkonsultasikan rencana order jaket kita. Sehingga kita lebih yakin untuk memesan jaket dengan jumlah yang banyak sekalipun. Kita juga bisa datang untuk melihat contoh jaket yang pernah dibuat.
    Karena berdasarkan curhatan customer Konveksi Malang selama ini yang sering dikeluhkan adalah konveksi abal-abal yang mengambil orderan dari mereka, selalu menghilang tanpa kabar ketika ditagih kapan jaket selesai saat deadline. Sementara customer tidak bisa datang ke kantor karena konveksi abal-abal ini sejak awal sudah tidak jelas profil konveksinya seperti apa. Akhirnya pengerjaan pun molor dan bermasalah
  2. Tanya detail terkait bahan & harga jaket
    Jaket dengan kualitas bagus adalah jaket yang bisa bertahan lama saat digunakan. Tentu dengan harga yang juga semakin mahal. Karena kebutuhan jaket tidak sama dengan produk lain seperti kaos atau polo yang hanya dipakai beberapa kali. Untuk itu teman-teman bisa menanyakan lebih detail mengenai bahan dan harga yang dibutuhkan untuk order jaket. Karena harga murah tentu akan berdampak pada kualitas bahan yang kita pakai nantinya.
  3. Pastikan produksi tidak dilempar ke konveksi lain
    Banyak sekali ditemukan di kota-kota besar tidak hanya Malang. Konveksi abal-abal alias makelar yang berdalih mengerjakan jaket sendiri tapi pada kenyataannya pengerjaan jaket dilempar di banyak konveksi serta penjahit. Padahal dengan prosedur lempar ini memberikan resiko yang cukup tinggi karena tidak bisa diawasi langsung saat produksi berjalan. Sehingga kemungkinan besar pengerjaan akan molor tidak sesuai kesepekatan diawal. Atau yang lebih parah, hasil produksi jaket tidak sesuai karena ada kemungkinan terjadi miss saat produksi berjalan.
    Untuk itu carilah vendor yang benar-benar mengerjakan produksi jaketnya sendiri. Sehingga ada rasa trust yang tercipta antara vendor dengan customer saat produksi berjalan. Biasanya harga jual yang ditawarkan lebih tinggi karena harus dilempar ke konveksi lain.
  4. Jangan tertipu harga murah
    Memesan jaket di konveksi tentu melalui banyak pertimbangan. Salah satunya pertimbangan harga. Vendor konveksi yang menawarkan jasa jaket sengan harga murah tentu banyak sekali. Tapi apakah hasilnya memuaskan? Belum tentu ferguso. Tidak semudah itu karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi harga murah tersebut. Bisa saja dengan harga tersebut ada bahan yang dikurangi, atau ada jahitan yang kurang maksimal sehingga muncul alasan budget murah itu ada karena hasil pengerjaan yang pas-pasan.
    Hal ini tentu berdampak pada kekecewaan customer yang sudah berekspektasi tinggi akan hasil produksi jaketnya tapi ternyata tidak memuaskan. Jadi jangan sekali-kali tertipu akan harga murah yang ditawrkan. Tanyakan lebih detail dengan harga yang murah itu apakah hasil yang didapat sesuai dengan keinginan kita. Jika tidak, jangan coba-coba ya.
  5. Minta persetujuan bermaterai jika order dalam jumlah banyak
    Ini berlaku buat teman-teman mahasiswa kampus Malang yang ingin membuat jaket angkatan, jaket kelas, atau jaket komunitas dengan kuantiti yang banyak (>100pcs). Mintalah persetujuan seperti MOU dengan materai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat produksi berjalan. Pastikan isi dari perjanjian itu sudah mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses produksi hingga resiko yang akan terjadi jika di tengah jalan ada kendala semisal molor. Agar teman-teman tidak mudah tergoda dengan bualan konveksi abal-abal yang seringkali meresahkan customernya saat terjadi masalah. Komunikasi menjadi kunci utama bagi kedua belah pihak.

Nah, dari tips diatas, semoga bisa membantu kalian untuk mencari vendor jaket yang sesuai dengan keinginan kalian. Konveksi Malang siap membantu kebutuhan jaket teman-teman pelajar maupun mahasiswa Kota Malang yang ingin berkonsultasi mulai dari awal hingga jaket siap didistribusikan kepada kalian. Cari vendor yang amanah, bukan yang murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *